Iri, cemburu dan penciptaan karakter anak-anak ^_^

Baru saya tau klo anak umur 2 – 4 itu sudah mengerti yang namanya iri, cemburu dan penciptaan karakter…

Seperti yang terjadi dengan abrar. dikawasan kampung rumah, abrar termasuk anak yang paling kecil. umurnya belum genap 3 tahun. sedangkan teman-temannya di kampung umurnya 4 tahun lebih. karna yang paling kecil itulah abrar sering “nggak dianggap” sama teman-temannya. “nggak dianggap” disini berarti sering nggak diajak main bareng sama temen-temennya. padahal kalau saya perhatikan anak saya termasuk anak yang nggak suka mengganggu anak lain. ketika temen-temennya yang lain sering merebut mainan yang dipegang anak lain, abrar malah cenderung mengalah. tapi kenapa malah teman-temannya yang berumur 4 tahun lebih nggak suka sama dia? selidik punya selidik, setelah saya perhatikan beberapa hari ternyata teman-temannya yang umurnya lebih tua itu seperti iri dan cemburu dengan anak saya, abrar karena ibu-ibu mereka sering memuji anak saya. Abrar memang nggak saya sekolahkan seperti teman-temannya yang lain, tapi Alhamdulillah dia sudah kenal warna, suda tau bisa berhitung, menyanyi meskipun kata-katanya kadang2 gak jelas, dan ibu dari teman-temannya sering memuji anak saya karena pagi hari jam setengah 5 pagi anak saya sudah bangun dan jam 6 pagi sudah mandi dan harum..Barulah saya tau kalau anak saya nggak disukai selain karena umurnya terpaut lumayan jauh, juga karena hal ini. Jadi anak-anak itu sudah mengerti akan iri dan cemburu ^_^

Gara-gara hal ini, anak saya yang berumur 2,8 tahun jd pemilih dalam memakai baju. Biasanya dia nggak protes klo saya pakaikan celana panjang, sekarang dia jadi lebih suka pake celana 7/8. ternyata dia bilang kalau pengen kayak teman2nya yang lain… Mungkin dia beranggapan kalau dengan memakai busana yang sama, teman-temannya tidak akan menganggap dia sebagai anak kecil lagi yah 😀

Oalaaaaah Nak, Nak, baru umur segini aja uda pencitraan diri ^_^

Tinggalkan Balasan

