Pengalaman saat wawancara kerja

Berbicara tentang wawancara kerja, saya adalah salah satu orang yang sering banget melamar kerja tapi jarang banget mendapatkan panggilan wawancara kerja. Tapi sebelum jadi abdi negara seperti sekarang ini, saya sudah pindah kerja sebanyak 3 kali,dan berarti saya sudah 3 kali merasakan yang namanya wawancara kerja.
Wawancara pertama, terjadi ketika saya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor di Kota Bandung. Wawancaranya cuman berlangsung 10 menit aja. Dan pertanyaannya : “bisa program apa aja?” Dan sesuai dengan kemampuan saya, saya jawab AutoCad sama GIS. Udah, gitu aja. Masyuuuuk, hehehe..
Wawancara kedua, terjadi ketika saya bekerja di sebuah konsultan pembangunan. Wawancara juga cuma 10 menit, dan pertanyaan sama kayak pertanyaan perusahaan pertama. Dan masyuuuk lagi 😀
Wawancara ketiga, terjadi ketika saya mendapat panggilan kerja di sebuah bank BUMN setelah melewati beberapa tes. Banyak banget pertanyaannya tapi pertanyaan yang paling saya ingat ada 2, pertanyaan pertama : “disini gaji yang ditawarkan hanya segini mbak, kira-kira cukup nggak buat beli make up yang biasanya dipakai sehari-hari sama mbaknya?”
Dalam hati, udah pingin aja tuh jawab kayak gini : “Emang berapa ratus juta sih Pak yang bisa dihabisin buat beli make up aja?”. Tapi berhubung demi mendapatkan pekerjaan ini, jawabnya ya seriusan dikit lah pastinya. Eh tapi setelah nonton infotainment, baru sadar kalau banyak artis yang buat urusan make up bisa sampai ngabisin ratusan juta rupiah *langsung lap keringat.
Dan pertanyaan kedua yang saya ingat : “Mbak-nya sudah punya pacar?” Heran deh, ini wawancara kerja apa biro jodoh sih?hehe.. Dan Alhamdulillah masuk juga.. ^_^
Kalau buat saya, saat akan menjalani wawancara kerja akan lebih baik kalau kita bersikap apa adanya saja. Jangan melebih-lebihkan dan jangan dikurang-kurangi. Yang penting kita nggak grogi, berpakaian dan berkata sopan dan waktu masuk ruangan wawancara tidak lupa membaca doa. Yang penting kita sudah berusaha. Hasil akhirnya, kembali sama yang di atas. Kalau emang rejeki kita, pasti bakalan datang ke kita juga. Betuk kan? ^_^

career-first_cover
Sumber gambar dari sini

Tinggalkan Balasan

