Tentang si Sulung (Part I)

Sejak kelahiran adiknya (Agha, 2m), si Sulung menjadi lebih aktif daripada biasanya. Apalagi ketika saya sedang menggendong atau menyusui adiknya, si Kakak selalu mencari perhatian entah itu dengan cara berteriak-teriak agar adiknya tidak bisa tidur ataupun menyuruh saya menaruh sang adik agar bisa bermain dengan dia.
Meskipun banyak sekali teori yang mengatakan bahwa kita harus memberi pengertian pada sang kakak akan kehadiran sang adik, tetap saja pada prakteknya itu tidak mudah. Apalagi saat ini Abrar masih berusia 4 tahun lebih 1 bulan, yang mana usia-usia segitu pastinya si anak sedang dalam masa ingin diperhatikan. Dan menurut saya wajar saja kalau dia sedang masa transisi dari menjadi anak tunggal menjadi seorang kakak. Yang dulunya saya hanya fokus memperhatikan dia, sekarang dia harus berbagi perhatian dengan adiknya.
Kadang merasa bersalah juga karena tanpa saya sadari saya sering memarahi dia jika dia berteriak-teriak sebagai bentuk protes ketika saya menggendong adiknya sedangkan dia juga sedang ingin ditemani. Kadang saya juga merasa bersalah karena terlalu cepat memberikan dia seorang adik padahal dia sedang ingin diperhatikan. Dan kadang-kadang saya juga merasa menuntut dia terlalu banyak karena di usia-nya yang baru 4 tahun saya secara tidak langsung memaksa dia untuk dewasa dengan menyuruh dia mengerti artinya berbagi.
Tapi merasa bersalah saja juga percuma, toh sudah kejadian. Akhirnya yang bisa saya lakukan sekarang tetap seperti teori-teori sebelumnya. Mengajarkan pada Abrar tentang artinya berbagi kasih sayang dengan sang adik. Semoga saya tetap bisa bersabar. Dan semoga saya bisa menjadi ibu yang baik buat 2 putra saya, amin. Tetap semangat ^_^

Tinggalkan Balasan

