Category Archives: Perkembangan Anak

Tentang si Sulung (Part I)

Sejak kelahiran adiknya (Agha, 2m), si Sulung menjadi lebih aktif daripada biasanya. Apalagi ketika saya sedang menggendong atau menyusui adiknya, si Kakak selalu mencari perhatian entah itu dengan cara berteriak-teriak agar adiknya tidak bisa tidur ataupun menyuruh saya menaruh sang adik agar bisa bermain dengan dia.
Meskipun banyak sekali teori yang mengatakan bahwa kita harus memberi pengertian pada sang kakak akan kehadiran sang adik, tetap saja pada prakteknya itu tidak mudah. Apalagi saat ini Abrar masih berusia 4 tahun lebih 1 bulan, yang mana usia-usia segitu pastinya si anak sedang dalam masa ingin diperhatikan. Dan menurut saya wajar saja kalau dia sedang masa transisi dari menjadi anak tunggal menjadi seorang kakak. Yang dulunya saya hanya fokus memperhatikan dia, sekarang dia harus berbagi perhatian dengan adiknya.
Kadang merasa bersalah juga karena tanpa saya sadari saya sering memarahi dia jika dia berteriak-teriak sebagai bentuk protes ketika saya menggendong adiknya sedangkan dia juga sedang ingin ditemani. Kadang saya juga merasa bersalah karena terlalu cepat memberikan dia seorang adik padahal dia sedang ingin diperhatikan. Dan kadang-kadang saya juga merasa menuntut dia terlalu banyak karena di usia-nya yang baru 4 tahun saya secara tidak langsung memaksa dia untuk dewasa dengan menyuruh dia mengerti artinya berbagi.
Tapi merasa bersalah saja juga percuma, toh sudah kejadian. Akhirnya yang bisa saya lakukan sekarang tetap seperti teori-teori sebelumnya. Mengajarkan pada Abrar tentang artinya berbagi kasih sayang dengan sang adik. Semoga saya tetap bisa bersabar. Dan semoga saya bisa menjadi ibu yang baik buat 2 putra saya, amin. Tetap semangat ^_^

Iklan

Susahnya abrar kalo disuru mandi dan gosok gigi… :(

Entah kenapa akhir-akhir ini abrar semakin susah klo disuruh mandi. Pst ada acara jejeritan tiap jam mandi. Itu baru mandi, belum acara sikat gigi, pst ada acara nangis.. Pasti dikira tetangga emaknya abrar kejam bgt tiap hari anaknya disiksa abis2an smp nangis kejer gitu 😥
Hari ini teteeeep nggak ada perubahan. Masiiiiih ada acara jerit2. Mana ada acara milih tempat mandi lagi sekarang..

Minta’nya mandi dibawah pompa. Klo pagi ato siang si gpp yah.. Alhasil sekarang tiap pagi, kegiatannya setelah nyuci baju, mandiin abrarnya sekalian di bak juga. Setelah airnya diganti pastinya :p

Klo uda ditaruh dalam bak, baru d diem. Heraaaan d, anak skrg pinter banget disuru akting.. Mau marah juga pinter banget bikin mamanya luluh g jd marah, entah pake nyanyi2, pake cium2, gagal d marahnya..

Jd bingung, gimana caranya biar bisa mandiin sama nyuru sikat gigi abrar tanpa ada acara nangis sama jejeritan :p

Iri, cemburu dan penciptaan karakter anak-anak ^_^

Baru saya tau klo anak umur 2 – 4 itu sudah mengerti yang namanya iri, cemburu dan penciptaan karakter…

Seperti yang terjadi dengan abrar. dikawasan kampung rumah, abrar termasuk anak yang paling kecil. umurnya belum genap 3 tahun. sedangkan teman-temannya di kampung umurnya 4 tahun lebih. karna yang paling kecil itulah abrar sering “nggak dianggap” sama teman-temannya. “nggak dianggap” disini berarti sering nggak diajak main bareng sama temen-temennya. padahal kalau saya perhatikan anak saya termasuk anak yang nggak suka mengganggu anak lain. ketika temen-temennya yang lain sering merebut mainan yang dipegang anak lain, abrar malah cenderung mengalah. tapi kenapa malah teman-temannya yang berumur 4 tahun lebih nggak suka sama dia? selidik punya selidik, setelah saya perhatikan beberapa hari ternyata teman-temannya yang umurnya lebih tua itu seperti iri dan cemburu dengan anak saya, abrar karena ibu-ibu mereka sering memuji anak saya. Abrar memang nggak saya sekolahkan seperti teman-temannya yang lain, tapi Alhamdulillah dia sudah kenal warna, suda tau bisa berhitung, menyanyi meskipun kata-katanya kadang2 gak jelas, dan ibu dari teman-temannya sering memuji anak saya karena pagi hari jam setengah 5 pagi anak saya sudah bangun dan jam 6 pagi sudah mandi dan harum..Barulah saya tau kalau anak saya nggak disukai selain karena umurnya terpaut lumayan jauh, juga karena hal ini. Jadi anak-anak itu sudah mengerti akan iri dan cemburu ^_^

Gara-gara hal ini, anak saya yang berumur 2,8 tahun jd pemilih dalam memakai baju. Biasanya dia nggak protes klo saya pakaikan celana panjang, sekarang dia jadi lebih suka pake celana 7/8. ternyata dia bilang kalau pengen kayak teman2nya yang lain… Mungkin dia beranggapan kalau dengan memakai busana yang sama, teman-temannya tidak akan menganggap dia sebagai anak kecil lagi yah 😀

Oalaaaaah Nak, Nak, baru umur segini aja uda pencitraan diri ^_^